Jawaban "Umar Bin Khattab Adalah Sahabat Yang Sangat Perhatian Kepada Rakyat. Cuba Tunjukkan! TOLONG KAK BESO…"

Umar Bin Khattab Adalah Sahabat Yang Sangat Perhatian Kepada Rakyat. Cuba Tunjukkan! TOLONG KAK BESO… termasuk salah satu soal yang banyak dicari dan bisa teman-teman temukan solusinya disini.

Kami telah menyusun 2 jawaban tentang Umar Bin Khattab adalah sahabat yang sangat perhatian kepada rakyat. Cuba tunjukkan! TOLONG KAK BESO…. Silakan baca kunci jawabannya selengkapnya di bawah ini:

Umar Bin Khattab Adalah Sahabat Yang Sangat Perhatian Kepada Rakyat. Cuba Tunjukkan!

TOLONG KAK BESOK MAU DI KUMPUL ​

Jawaban: #1:

Jawaban:

Saat itu tanah Arab sedang mengalami paceklik, Umar pun membatasi dirinya untuk memakan makanan yang enak sebab ia khawatir jika makanan yang ia makan akan mengurangi jatah makanan untuk rakyatnya. Beliau sampai rela kelaparan dengan hanya menyantap sepotong roti dengan celupan minyak zaitun. Makanan yang beliau makan pun tak membuat perutnya menjadi kenyang melainkan masih kelaparan..Dalam laparnya itu, beliau berkata

“Berkeronconglah sesukamu, dan kau akan tetap menjumpai minyak, sampai rakyatku bisa kenyang dan hidup dengan wajar.”

Penjelasan:

maaf klo salah

Jawaban: #2:

Jawaban:

Umar bin Khattab, khalifah ke-2 setelah Abu Bakar Ash Shiddiq dikenal mempunyai watak keras dan tegas. Selama untuk membela Islam dan kebenaran tak ada yang dia takuti di dunia ini.Sifat keras itu bahkan sejak masih mendampingi Rasulullah SAW. Seperti apa kisah sahabat nabi tentang Umar bin Khattab yang dikenal keras ini?

Setelah Abu Bakar Ash Shidiq wafat pada 21 Jumadilakhir tahun ke-13 hijrah atau 22 Agustus 634 Masehi, Umar bin Khattab diangkat menjadi khalifah ke-2.Muncul kekhawatiran dari masyarakat Mekah saat Umar naik menjadi Khalifah menggantikan Abu Bakar Ashidiq. Mereka khawatir Umar akan lebih keras kepada mereka.

Hal itu bisa dirasakan oleh Umar. Kisah sahabat nabi berikutnya di hari ke-3 setelah dibaiat sebagai khalifah saat menyampaikan pidato pertamanya, dia pun meluruskan anggapan itu.

“Ketahuilah saudara-saudaraku, bahwa sikap keras itu sekarang sudah mencair. Sikap itu (keras) hanya terhadap orang yang berlaku zalim dan memusuhi kaum Muslimin,” kata Umar seperti dikutip dari buku, Biografi Umar bin Khattab karya Muhammad Husain Haekal.

“Tetapi buat orang yang jujur, orang yang berpegang teguh pada agama dan berlaku adil saya lebih lembut dari mereka semua,” Umar melanjutkan.

Dia berjanji tak akan membiarkan orang berbuat zalim atau melanggar hak orang lain. Kepada orang yang berbuat zalim, Umar akan meletakkan pipi sebelah mereka di tanah dan pipi satunya akan dia injak. Sebaliknya bagi orang yang bersih dan mau hidup sederhana, Umar akan meletakkan pipinya di tanah.

Umar juga meminta rakyat tak ragu untuk menegur dia kalau salah. Bahkan menuntut jika rakyat Makkah terjebak bencana atau tentaranya jatuh ke perangkap musuh.

“Bantulah saya dalam tugas saya menjalankan amar makruf naih munkar dan bekalilah saya dengan nasihat-nasihat saudara-saudara,” kata Umar menutup pidatonya.

Selesai pidato, Umar turun dari mimbar dan memimpin sholat. Selesai sholat dia pun pulang ke rumah. Kisah sahabat nabi itu pun kemudian dikenal sebagai pemimpin yang adil dengan segala kekerasan watak dan kekasarannya.

semoga membantu

Bagaimana? Sudah ketemu cara menjawab mengenai “Umar Bin Khattab adalah sahabat yang sangat perhatian kepada rakyat. Cuba tunjukkan! TOLONG KAK BESO…” kan? Diharapkan jawaban tadi dapat membantu penyelesaian soal anda.